Blogger Widgets
  • Posted by : Sabila Purya Thursday, February 25, 2016

              Apakah kalian tahu, bagaimana terciptanya planet kita, Bumi? Apa kalian tahu, bagaimana bisa terciptanya tata surya? Atau alam semesta yang luas ini? Tuntaskan rasa penasaran kalian disini!
    PERISTIWA BIG BANG dan TERBENTUKNYA GALAKSI
              
    Pasti kalian pernah bertanya-tanya, bagaimana bisa terciptanya alam semesta kita yang sangat luas ini? Tahukah kalian, bahwa dulu, kira-kira 15 miliar tahun yang lalu, terjadilah sebuah ledakan yang sangat besar, kira-kira 1 triliun kali lebih besar dari ledakan bom di Hiroshima dan Nagasaki. Ledakan itu melemparkan benda-benda padat ke seluruh luar angkasa, pecah berkeping-keping, lalu membentuk awan debu yang besar, dan berputar.
    Putaran awan debu itu semakin kencang, semakin padat, dan terbentuklah gugus bintang, dan galaksi. Galaksi-galaksi yang ada di alam semesta ada jutaan, bahkan miliaran. Nama-namanya adalah Galaksi Bimasakti (galaksi yang kita tempati saat ini), galaksi Andromeda, galaksi Magellan, dan galaksi-galaksi lain.
    TERBENTUKNYA BUMI dan TATA SURYA
           Tahukah kalian, bahwa bumi terbentuk kira-kira 4-5 miliar tahun. Awalnya, bumi merupakan salah satu awan gas yang memadat dari peristiwa Big Bang. Awan-awan gas itu berputar sangat cepat, dan membentuk planet-planet. Lalu, bumi dihujani oleh meteor besar, hingga terbentuklah kawah-kawah raksasa. Lalu, 3,9 miliar tahun lalu, air bah menghujani bumi. Kawah-kawah itu pun terisi air dan terbentuklah laut.
              Bumi merupakan salah satu planet yang berada di kelompok Tata Surya, dengan matahari sebagai bintang utamanya. Tata Surya terdiri dari 8 planet, antara lain: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Dulu, Pluto masuk dalam tata surya. Namun sekarang, Pluto sudah dikeluarkan oleh ilmuwan karena orbitnya berbentuk ellips, berbeda dari planet-planet lainnya.
              Tata surya berada di galaksi Bimasakti, tepatnya berada di daerah pinggiran galaksi.

    BULAN
              Merupakan satelit alami dari Bumi. Jika dilihat dari dekat, permukaan bulan berkawah alias bopeng-bopeng, disebabkan tubrukan dari meteor-meteor. Gravitasi bulan tidak lebih dari 1/6 gravitasi bumi, jadi kita dapat melayang di Bulan. Waw.
              Jika dilihat dari Bumi pada malam hari, Bulan dapat bercahaya dengan terang, bukan? Nah, sebenarnya, itu adalah Sinar matahari, lho! Jadi, bulan tidak bisa menghasilkan cahaya sendiri, melainkan menerima pantulan sinar dari matahari.

    KLASTER BINTANG
           Bintang merupakan benda luar angkasa yang dapat menghasilkan sinar sendiri, tanpa pantulan sinar lain. Bintang memiliki berbagai macam warna. Suhu bintang yang paling tinggi berwarna biru, namun suhu bintang yang makin rendah  berwarna merah menyala. Aneh ya? Tapi ajaib lho!
              Kalian pasti bertanya, bagaimana bintang terbentuk? Nah, bintang dulunya adalah sebuah Nebula. Lalu, gas-gas pada Nebula itu bersatu, hingga akhirnya terbentuklah bintang. Namun, bintang ada usianya juga lho. Semakin tua bintang, semakin besar pula bintang tersebut. Semakin besar bintang berkembang, lalu bintang itu meledak dengan kekuatan dahsyat, yang biasa disebut ‘Super Nova’. Bintang yang massanya agak ringan, akan menjadi bintang neutron. Sementara bintang yang massanya berat sekali, akan menjadi ‘black hole’ atau biasa disebut kuburan luar angkasa.
              Gugusan bintang-bintang yang bersinar dan bersuhu tinggi, biasanya akan membentuk klaster. Klaster bintang dibagi menjadi 2, yaitu klaster Globular dan Klaster Terbuka.

    NEBULA
         
      Nebula adalah benda angkasa tempat berkumpulnya debu, gas, dan lainnya dengan massa jenis yang tinggi. Dari Nebula-lah bintang terbentuk. Nebula juga banyak nama dan jenisnya. Bentuknya pun juga bermacam-macam, diantaranya Nebula Mawar/Rosette, Nebula Nenek Sihir, Nebula Kepala Kuda, dan Nebula Trifid. Waw, kerennya!

    BLACK HOLE ‘Si Kuburan Luar Angkasa’
    Black Hole merupakan benda luar angksasa yang terbentuk karena adanya suatu bintang mati yang meledak dengan massa jenis yang luar biasa berat. Black Hole terbentuk dari ledakan Super Nova. Black Hole akan berputar dengan sangat cepat, hingga siapapun yang mendekatinya bisa terserap dan masuk ke dalam lubang Black Hole, (dalam tanda kutip, tidak akan bisa kembali lagi). Menyeramkan sekali, bukan?
    .....
              Nah, begitulah isi dari Luar Angkasa yang indah dan misteri. Ada banyak sekali benda-benda luar angkasa di sekitar kita, dan para ilmuwan berusaha keras untuk meneliti hal-hal baru tentang luar angkasa.
              Jika kalian masih penasaran dengan Luar Angkasa, kunjungi situs blog-ku yang lain. Kunjungi hal menarik tentang TATA SURYA KITA DI GALAKSI BIMASAKTI. Terima kasih!~~ Salam sejahtera ;)
    Wassalamu'alaikum wr.wb ....
              Sumber Preferensi: Why? Di Alam Semesta dan Ensiklopedia Anak Luar Angkasa.

    { 2 komentar... read them below or Comment }

    1. black hole sangat mengerikan

      http://www.toyota.astra.co.id/corporate-information/news-promo/news/harga-dan-spesifikasi-toyota-alphard/#news

      ReplyDelete

  • Copyright © - Sabila Purya Berbagi Cerita

    Sabila Purya Berbagi Cerita - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan